PEMILIHAN KETUA OSIS 2022

KESBNG– Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo menyelenggarakan pemilihan ketua OSIS periode 2022-2023. Pemilihan ini diadakan sesuai dengan tata cara seperti pemilihan presiden atau kepala daerah di Indonesia dengan pencoblosan secara langsung. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin, 20 September 2022 ini menggunakan prinsip demokrasi untuk memilih kandidat yang layak menjadi ketua dan wakil ketua Osis.

Pemilihan ketua Osis ini cukup menarik, karena sebelumnya 3 calon yang berkompetisi yaitu Ibrahim Huntula, Ayu Nadiya Bela, Revan Hidayat Yahya, Siti Nur Rizqia Pakaya, Safa Nurhasana A. Katili, dan Meilan Putri Rasid melakukan debat serta penyampaian visi misi yang akan dilaksanakan untuk satu tahun kedepan dalam memimpin Osis SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo. Pemilihan Ketua OSIS ini melibatkan seluruh warga sekolah baik guru maupun siswa.

Pembina Osis dalam hal ini Ferdinan Tangahu,S.Pd. menuturkan bahwa untuk persiapan pemilihan ketua Osis ini sudah disiapkan beberapa minggu yang lalu.

“Persiapan pemilihan ketos ini sekitar 3 minggu dengan melewati beberapa tahap, mulai dari tahap pendaftaran, seleksi, seleksi bakal calon, tes tertulis dan wawancara lisan. Tes tetulis itu diawasi oleh Osis yang menjabat sebelumnya, dan wawancara lisan oleh kepala sekolah, Kesiswaan, Pembina Osis dan Pembina Pramuka”.Ujar Pembina Osis dalam wawancara langsung.

Lebih lanjut, Wakil kepala sekolah bagian kesiswaan Vebriyanto Albakir, S.Pd. menambahkan bahwa dengan menerapkan pemilihan secara demokrasi memudahkan siswa untuk bisa belajar mencintai NKRI, wawasan berbangsa yang baik, serta menghargai pendapat dan pilihan orang lain.

Hasil akhir dari pemilihan ketua OSIS SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo dimenangkan oleh Ibrahim Huntula sebagai Ketua dan Ayu Nadiyea Bella sebagai wakil ketua. Pemenang dalam ketua Osis ini mengungguli dua pesaingnya dengan mengantongi sebanyak 243 suara.

Sementara itu, jalannya pemilihan ketua Osis tersebut dipantau langsung oleh kepala SMK Kesehatan Bakti Nusantara H. Nurdin Tahir, S.Pd.,M.Pd. Beliau menekankan bahwa proses pemilihan ini bukan semata-mata siapa yang menang dan kalah tetapi proses penyelenggaraan tentang berdemokrasi yang baik dan benar itu lebih penting.

(Mariana Maharuju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.